Attracting Buyers with Search, Semantic, and Recommendation Technology
Attracting Buyers with Search, Semantic, and Recommendation Technology
6.1
Pentingnya Search Engine untuk Kesuksesan Bisnis
Pengertian Search Engine
Search engine adalah platform
online yang berfungsi agar pengguna dapat mencari informasi di internet.
Menggunakan algoritma kompleks untuk mengurutkan website yang sesuai dengan
kebiasaan user. Contohnya seperti Google, Bing, dan Yahoo.
Cara Kerja Search Engine
1.
Menggunakan
Web Crawlers untuk menemukan dan mengurutkan website.
2.
Menganalisa
faktor seperti keyword, back links, dan preferensi user untuk relevansi.
3.
Menampilkan
hasil pencarian berdasarkan tingkat kerelevansian.
Pentingnya Search Engine untuk Bisnis
- Mengetahui
trend dan informasi terkini.
- Mencakup
target dengan efektif dan efisien
- Exposure dan visibilitas.
6.2
Pay-Per-Click and Paid Search Strategies
Sebagian besar mesin pencari
menampilkan listingan berbayar di SERP mereka. Mesin pencari menampilkan iklan
berbayar di SERP untuk pendapatan dan memberikan layanan gratis. Iklan berbayar
memberikan visibilitas bagi bisnis kecil. Penempatan dibedakan dengan label,
bayangan, dan lokasi yang berbeda di setiap halaman.
Creating a PPC Advertising Campaign (Membuat Kampanye Iklan PPC)
- Terdapat empat langkah membuat kampanye iklan PPC di mesin pencari,
- Menetapkan anggaran keseluruhan untuk kampanye.
- Membuat iklan sebagian besar berupa teks.
- Memilih kata kunci yang terkait kampanye.
- Menyiapkan informasi akun penagihan.
Iklan penelusuran memungkinkan
bisnis menargetkan pelanggan berdasarkan kata kunci yang relevan dengan produk
mereka Efektifitas iklan PPC dipengaruhi oleh faktor-faktor pada halaman web
yang terhubung dengan iklan termasuk design, ajakan bertindak, dan kualitas
aplikasi.
Metrics for paid search advertising
(Metrik untuk iklan penelusuran berbayar).
Periklanan online bermanfaat untuk mengevaluasi kontribusinya terhadap pendapatan penjualan dengan lebih efektif yang menggunakan beberapa metrik penting, seperti
- Click-Through Rates
(CTR),
membantu pemilihan kata kunci dan teks iklan.
- Keyword Conversion, memantau kata kunci
yang menghasilkan pejualan dan fokus kampanye pada kata kunci tersebut.
- Cost of Customer
Acquisition(COCA),
mengukut biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan yang melakukan
pembelian.
- Return On Advertising Spend (ROAS), mengukur efektifitas finansial kampanye secara keseluruhan.
6.3
Semantic Search Engines
Mesin pencari semantik merupakan
mesin yang dirancang untuk memahami makna dan konteks di balik setiap kata
dalam suatu pernyataan pencarian, untuk memahami niat pengguna dan memberikan
hasil yang lebih relevan dan kontekstual.
Fitur dan manfaat Semantic Search.
Fitur
Pencarian Semantik :
1. Pencarian Terkait/Hasil Referensi, memberikan informasi tambahan/mendalam terkait dengan pernyataan asli
2. Hasil
Beranotasi Semantik, memberikan
petunjuk untuk pencarian di masa mendatang.
Manfaat
Pencarian Semantik :
1. Relevansi Pencarian yang Ditingkatkan, hasilnya relevan dengan memahami konteks dan niat pengguna.
2. Peningkatan Efisiensi, mempercepat proses pencarian dengan menyajikan informasi yang lebih tepat.
3. Ekspansi
Pencarian, memungkinkan
pengguna menemukan informasi yang mungkin tidak ada pada pernyataan asli,
memperluas cakupan hasil.
Semantic Web untuk Bisnis.
Penerapan teknologi semantic web di dalam dunia bisnis melibatkan penggunaan prinsip semantic web seperti pemberian metadata dan penandaan semantik pada konten, untuk meningkatkan pengalaman pengguna, visibilitas bisnis, dan efisiensi operasional.
Aspek
yang mencakup Semantic Web Business :
1. Tantangan dan Peluang, Tantangan dalam mengoptimalkan situs web yang sesuai dengan prinsip semantic web. Peluang ditingkatkannya visibilitas online, menarik pelanggan potensial, dan meningkatkan efisiensi dalam pertukaran informasi.
2. SEO Semantik, mengoptimalkan situs web dengan metadata yang meningkatkan daya tarik serta relevansi situs web.
3.
Pengoptimalan
Berkelanjutan,
pemantauan bisnis untuk mengikuti perkembangan teknologi semantik dan memahami
perubahan dalam algoritma pencarian serta perilaku pengguna.
6.4
Recommendation Engines (Mesin Rekomendasi)
Mesin rekomendasi memiliki peran krusial dalam dunia e-commerse terutama bagi platform besar seperti Amazon dan Netflix.
- Tantangan E-commerse, situs web ritel
memerlukan cara efektif untuk merekomendasikan beragam produk kepada pelanggan
tanpa opsi tampilan fisik atau interaksi pribadi.
- Alat Pencarian Situs Web, tergantung pelanggan
menemukan produk melalui pencarian. pelanggan mengetahui apa yang mereka
inginkan, dan bagaimana menggambarkan dalam kueri pencarian.
- Peran Mesin Rekomendasi, mengidentifikasi produk dengan probabilitas tinggi menjadi sesuatu yang mungkin ingin dibeli oleh calon konsumen.
Komentar
Posting Komentar