Strategic Technology and Enterprise Systems

 

Strategic Technology and Enterprise Systems

ENTERPRISE SYSTEMS (Sistem Perusahaan)

Adalah sistem yang fokusnya pada infrastruktur teknologi informasi yang diterapkan oleh Perusahaan dalam mengelola operasi bisnis secara efektif dan efisien.

Contoh: Perangkat Lunak, Perangkat Keras, dan Jaringan

MANFAAT

Sistem ini memiliki kemampuan untuk memfasilitasi transaksi bisnis, menyimpan data, serta mendorong kolaborasi antar divisi di perusahaan. Melalui penggunaan sistem enterprise, data dan informasi dapat bergerak dengan lancar di antara berbagai aplikasi dan platform yang berbeda karena sistem enterprise dirancang untuk berintegrasi dengan teknologi yang beragam. Contoh: sistem enterprise dapat menghubungkan divisi keuangan dengan divisi pemasaran sehingga informasi yang relevan dapat dilihat secara real time dan terintegrasi.

 

TIPE SISTEM ENTERPRISE

  1. ERP (Enterprise Resource Planning)

  2. CRM (Customer Relationship Management)

  3. SCM (Supply Chain Management)

  4. ESPS (Enterprise Social Platforms)

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (Perencanaan Sumber Daya Perusahaan)

Adalah perangkat yang memliki kemampuan untuk mengotomatisasi segala proses bisnis berdasarkan data acuan. Erp juga merupakan inovasi baru yang memungkinkan sebuah Perusahaan untuk mengelola rantai pasok inventaris, akuntansi, dan berbagai aktivitas lainnya.

 

MANFAAT

  1. MANAJEMEN RESIKO
    Sistem ERP memiliki kemampuan untuk melindungi perusahaan dari praktik penipuan di era digital.

  2. MENGHEMAT BIAYA OPERASIONAL
    Segala bentuk gangguan dapat diatasi dengan baik, sebab sistem ERP memungkinkan perusahaan Anda untuk melakukan sebagian besar aktivitas bisnis secara otomatis.

  3. EFEKTIVITAS ALUR KERJA
    Setelah menggunakan sistem ERP perusahaan mampu mengorganisir dan meningkatkan visibilitas alur kerja dengan lebih baik.
     

CARA KERJA SISTEM ERP

Mengotomatiskan seluruh proses bisnis dalam satu database pusat selain itu ERP dapat melihat data-data berupa waktu pengiriman, tingkat inventaris, dan faktor lain untuk menentukan pusat distribusi manakah yang paling “available” untuk menyelesaikan pesanan tersebut secara tepat waktu.

 

CONTOH SISTEM ERP adalah ORACLE E-BUSINESS


Perangkat lunak dari Oracle ini memungkinkan untuk membuat perencanaan resource lintas industri untuk berbagai kebutuhan, mulai dari rantai pasok hingga CRM.

 

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (Manajemen Rantai Pasok)

Adalah rangkaian pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan pemasok, produsen, gudang dan toko secara efektif agar persediaan barang dapat diproduksi dan didistribusi pada jumlah yang tepat, ke lokasi yang tepat, dan pada waktu yang tepat sehingga biaya dapat diminalisir.

 

KOMPONEN SCM

  1. Upstream Supply Chain 
    Meliputi aktivitas suatu perusahaan manufaktur dengan para penyalurnya dan koneksi mereka kepada para penyalur.

  2. Internal Supply Chain 
    Meliputi semua proses inhouse yang digunakan dalam mentransformasikan masukan dari para penyalur ke dalam keluaran organisasi.

  3. Downstream Supply Chain
    Meliputi semua aktivitas yang melibatkan pengiriman produk kepaada pelanggan akhir.

MANFAAT

  1. Kepuasan Pelanggan

  2. Meningkatkan Pendapatan

  3. Menurunkan Biaya

  4. Pemanfaatan Aset Semakin Tinggi

  5.  Peningkatan Laba

  6. Perusahaan Semakin Besar

CONTOH SISTEM SCM adalah E-PROCUREMENT



Dengan e-Procurement, kontak langsung antara penyedia layanan dengan staf pengadaan menjadi semakin rendah.

 

CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (Manajemen Hubungan Pelanggan)

Adalah pendekatan bisnis yang dimanfaatkan untuk mengelola serta menguatkan ikatan dengan para pelanggan. Pendekatan ini melibatkan pemanfaatan teknologi, prosedur, dan kebijakan guna mengumpulkan, menganalisis, dan menggunakan data pelanggan dengan tujuan memahami serta memenuhi keperluan mereka secara lebih optimal.

 

MANFAAT CRM BAGI PERUSAHAAN

  1. Meningkatkan transparansi dan efisiensi data.

  2. Mempermudah kerja sama antar tim.

  3.  Meningkatkan pendapatan dan profit perusahaan.

  4. Membangun hubungan pelanggan yang lebih baik.

  5.  Meningkatkan efisiensi pelayanan pelanggan
    .
  6. Mengurangi biaya operasional.

 

MANFAAT CRM BAGI PELANGGAN

  1. Memperoleh solusi yang tepat untuk masalah atau kebutuhan.

  2. Mendapatkan tanggapan yang cepat.

  3. Mudah dalam menghubungi bisnis.

  4. Mendapatkan layanan terbaik.

  5.  Membangun hubungan positif dengan perusahaan.

  6. Memperoleh pengalaman yang menyenangkan

 

KOMPONEN CRM

  • Pengelolaan (Management) 
    Dalam aspek ini, melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam interaksi dengan pelanggan, fokus juga pada pendekatan strategis yang mereka terapkan dalam mengatur hubungan pelanggan dengan efisien dan efektif.

  • Relasi (Relationship) 
    Ini berkaitan dengan bagaimana membangun ikatan positif dengan pelanggan, melalui penyediaan layanan terbaik guna menciptaka hubungan yang baik

  •  Klien (Customer) 
    Pelanggan adalah pusat mengapa CRM ada dan diperlukan dalam aktivitas perusahaan

 

CARA KERJA CRM

  1. PENGUMPULAN DATA PELANGGAN.
  2. ANALISIS  DATA PELANGGAN.
  3. SEGMENTASI PELANGGAN.
  4. INTERAKSI PELANGGAN.
  5.  AUTOMASI TUGAS RUTIN.
  6.   MANAJEMEN PENJUALAN.
  7.   PELAYANAN PELANGGAN.
  8. ANALISIS KINERJA.
  9.   INTEGRASI DENGAN SISTEM LAIN.
  10.  PEMELIHARAAN HUBUNGAN JANGKA PANJANG

Contoh Sistem CRM adalah Salesforce




Salah satu CRM terbaik di dunia yang menawarkan berbagai kelebihan bagi perusahaan-perusahaan yang menggunakannya. CRM yang berbasis cloud ini memiliki fitur-fitur seperti analitik, integrasi, kolaborasi. Ia juga fleksibel dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi perusahaan.

 

ENTERPRISE SOCIAL PLATFORMS (Platfrom Sosial Perusahaan)

Adalah Enterprise social mengacu pada media sosial, perangkat lunak, platform, atau aplikasi swasta (milik perusahaan) yang dirancang khusus untuk digunakan oleh para pemimpin bisnis dan karyawan untuk memenuhi misi strategis.

 

Hal ini mencakup berbagai fitur sosial yang memungkinkan karyawan berkomunikasi, berbagi informasi, dan bekerja sama secara efektif.

 

MANFAAT

  1.   Meningkatkan produktivitas dengan berbagi informasi dan pengetahuan secara real-time.
  2. Fasilitasi kolaborasi tim dan proyek.
  3. Bangun budaya perusahaan yang terbuka dan transparan. 

TIGA ALASAN UTAMA UNTUK MINAT YANG LEBIH BESAR DALAM SOSIAL PERUSAHAAN

  1. MANAJEMEN PENGETAHUAN 
    Untuk menangkap dan menggunakan kembali pengetahuan dalam perusahaan
  2. KOLABORASI 
    Pertahankan koneksi manusia di seluruh angkatan kerja yang berbeda
  3.  TEKANAN KARYAWAN 
    Tekanan dari pekerja untuk menggunakan teknologi sosial yang mereka sukai untuk digunakan

 

CONTOH PLATFORM SOSIAL PERUSAHAAN

  1. YAMMER

  • Jejaring sosial yang diarahkan untuk perusahaan.
  •  Karyawan bekerja sama lintas departemen lokasi dan aplikasi bisnis

    2.   SHAREPOINT



Sistem back end yang menghubungkan komputer dan perangkatseluler karyawan untuk memudahkan komunikasi dan sinkronisasi upaya mereka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Data Visualization and Geographic Information Systems

Networks for Efficient Operations and Sustainability

Retail, e-commerce and mobile e-commerce technologi