Strategic Technology and Enterprise Systems
Strategic
Technology and Enterprise Systems
ENTERPRISE SYSTEMS (Sistem
Perusahaan)
Adalah
sistem yang fokusnya pada infrastruktur teknologi informasi yang diterapkan
oleh Perusahaan dalam mengelola operasi bisnis secara efektif dan efisien.
Contoh: Perangkat Lunak, Perangkat Keras, dan Jaringan
MANFAAT
Sistem ini memiliki kemampuan untuk memfasilitasi
transaksi bisnis, menyimpan data, serta mendorong kolaborasi antar divisi di
perusahaan. Melalui penggunaan sistem enterprise, data dan informasi dapat
bergerak dengan lancar di antara berbagai aplikasi dan platform yang berbeda
karena sistem enterprise dirancang untuk berintegrasi dengan teknologi yang
beragam. Contoh: sistem enterprise dapat menghubungkan divisi keuangan dengan
divisi pemasaran sehingga informasi yang relevan dapat dilihat secara real time
dan terintegrasi.
TIPE SISTEM ENTERPRISE
- ERP
(Enterprise Resource Planning)
- CRM
(Customer Relationship Management)
- SCM
(Supply Chain Management)
- ESPS (Enterprise Social Platforms)
ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
(Perencanaan Sumber Daya Perusahaan)
Adalah perangkat yang memliki kemampuan untuk
mengotomatisasi segala proses bisnis berdasarkan data acuan. Erp juga merupakan
inovasi baru yang memungkinkan sebuah Perusahaan untuk mengelola rantai pasok
inventaris, akuntansi, dan berbagai aktivitas lainnya.
MANFAAT
- MANAJEMEN RESIKO
Sistem ERP memiliki kemampuan untuk melindungi perusahaan dari praktik penipuan di era digital. - MENGHEMAT BIAYA OPERASIONAL
Segala bentuk gangguan dapat diatasi dengan baik, sebab sistem ERP memungkinkan perusahaan Anda untuk melakukan sebagian besar aktivitas bisnis secara otomatis. - EFEKTIVITAS ALUR KERJA
Setelah menggunakan sistem ERP perusahaan mampu mengorganisir dan meningkatkan visibilitas alur kerja dengan lebih baik.
CARA KERJA SISTEM ERP
Mengotomatiskan seluruh proses bisnis dalam satu database
pusat selain itu ERP dapat melihat data-data berupa waktu pengiriman, tingkat
inventaris, dan faktor lain untuk menentukan pusat distribusi manakah yang
paling “available” untuk menyelesaikan pesanan tersebut secara tepat waktu.
CONTOH SISTEM ERP adalah ORACLE
E-BUSINESS
Perangkat
lunak dari Oracle ini memungkinkan untuk membuat perencanaan resource lintas
industri untuk berbagai kebutuhan, mulai dari rantai pasok hingga CRM.
SUPPLY
CHAIN MANAGEMENT (Manajemen Rantai Pasok)
Adalah
rangkaian pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan pemasok, produsen,
gudang dan toko secara efektif agar persediaan barang dapat diproduksi dan
didistribusi pada jumlah yang tepat, ke lokasi yang tepat, dan pada waktu yang
tepat sehingga biaya dapat diminalisir.
KOMPONEN SCM
- Upstream Supply
Chain
Meliputi aktivitas suatu perusahaan manufaktur dengan para penyalurnya dan koneksi mereka kepada para penyalur. - Internal Supply
Chain
Meliputi semua proses inhouse yang digunakan dalam mentransformasikan masukan dari para penyalur ke dalam keluaran organisasi. - Downstream Supply
Chain
Meliputi semua aktivitas yang melibatkan pengiriman produk kepaada pelanggan akhir.
MANFAAT
- Kepuasan
Pelanggan
- Meningkatkan
Pendapatan
- Menurunkan
Biaya
- Pemanfaatan
Aset Semakin Tinggi
- Peningkatan
Laba
- Perusahaan Semakin Besar
Dengan
e-Procurement, kontak langsung antara penyedia layanan dengan staf pengadaan
menjadi semakin rendah.
CUSTOMER RELATIONSHIP
MANAGEMENT (Manajemen Hubungan Pelanggan)
Adalah
pendekatan bisnis yang dimanfaatkan untuk mengelola serta menguatkan ikatan
dengan para pelanggan. Pendekatan ini melibatkan pemanfaatan teknologi,
prosedur, dan kebijakan guna mengumpulkan, menganalisis, dan menggunakan data
pelanggan dengan tujuan memahami serta memenuhi keperluan mereka secara lebih
optimal.
MANFAAT CRM BAGI PERUSAHAAN
- Meningkatkan
transparansi dan efisiensi data.
- Mempermudah kerja
sama antar tim.
- Meningkatkan
pendapatan dan profit perusahaan.
- Membangun hubungan
pelanggan yang lebih baik.
- Meningkatkan
efisiensi pelayanan pelanggan
. - Mengurangi biaya operasional.
MANFAAT CRM BAGI PELANGGAN
- Memperoleh solusi
yang tepat untuk masalah atau kebutuhan.
- Mendapatkan
tanggapan yang cepat.
- Mudah dalam
menghubungi bisnis.
- Mendapatkan
layanan terbaik.
- Membangun hubungan
positif dengan perusahaan.
- Memperoleh pengalaman yang menyenangkan
KOMPONEN CRM
- Pengelolaan
(Management)
Dalam aspek ini, melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam interaksi dengan pelanggan, fokus juga pada pendekatan strategis yang mereka terapkan dalam mengatur hubungan pelanggan dengan efisien dan efektif. - Relasi
(Relationship)
Ini berkaitan dengan bagaimana membangun ikatan positif dengan pelanggan, melalui penyediaan layanan terbaik guna menciptaka hubungan yang baik - Klien (Customer)
Pelanggan adalah pusat mengapa CRM ada dan diperlukan dalam aktivitas perusahaan
CARA KERJA CRM
- PENGUMPULAN DATA PELANGGAN.
- ANALISIS DATA PELANGGAN.
- SEGMENTASI PELANGGAN.
- INTERAKSI PELANGGAN.
- AUTOMASI TUGAS RUTIN.
- MANAJEMEN PENJUALAN.
- PELAYANAN PELANGGAN.
- ANALISIS KINERJA.
- INTEGRASI DENGAN SISTEM LAIN.
- PEMELIHARAAN HUBUNGAN JANGKA PANJANG
Salah
satu CRM terbaik di dunia yang menawarkan berbagai kelebihan bagi
perusahaan-perusahaan yang menggunakannya. CRM yang berbasis cloud ini memiliki
fitur-fitur seperti analitik, integrasi, kolaborasi. Ia juga fleksibel dan
mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi perusahaan.
ENTERPRISE SOCIAL PLATFORMS
(Platfrom Sosial Perusahaan)
Adalah
Enterprise social mengacu pada media sosial, perangkat lunak, platform, atau
aplikasi swasta (milik perusahaan) yang dirancang khusus untuk digunakan oleh
para pemimpin bisnis dan karyawan untuk memenuhi misi strategis.
Hal
ini mencakup berbagai fitur sosial yang memungkinkan karyawan berkomunikasi,
berbagi informasi, dan bekerja sama secara efektif.
MANFAAT
- Meningkatkan produktivitas dengan berbagi informasi dan pengetahuan secara real-time.
- Fasilitasi kolaborasi tim dan proyek.
- Bangun budaya perusahaan yang terbuka dan transparan.
TIGA ALASAN UTAMA UNTUK MINAT YANG LEBIH BESAR DALAM SOSIAL PERUSAHAAN
- MANAJEMEN
PENGETAHUAN
Untuk menangkap dan menggunakan kembali pengetahuan dalam perusahaan - KOLABORASI
Pertahankan koneksi manusia di seluruh angkatan kerja yang berbeda - TEKANAN KARYAWAN
Tekanan dari pekerja untuk menggunakan teknologi sosial yang mereka sukai untuk digunakan
CONTOH PLATFORM SOSIAL PERUSAHAAN
- YAMMER
- Jejaring sosial yang diarahkan untuk perusahaan.
- Karyawan bekerja
sama lintas departemen lokasi dan aplikasi bisnis
2. SHAREPOINT
Sistem
back end yang menghubungkan komputer dan perangkatseluler karyawan untuk
memudahkan komunikasi dan sinkronisasi upaya mereka
Komentar
Posting Komentar